oleh

Semarak Tahun Baru Islam, SMA Islam Athirah Bukit Baruga Gelar Pawai Hingga Kajian Islam

TERASKATA.COM, MAKASSAR – SMA Islam Athirah Bukit Baruga menggelar perayaan tahun baru Islam 1444 Hijriah. Sekolah milik Yayasan Hadji Kalla tersebut menggelar Pawai Muharram di Perumahan Bukit Baruga, Jalan Bukir Raya Baruga, Selasa (2/8/2022).

Pawai Muharram ini diadakan dengan tujuan memperkenalkan siswa tentang Tahun baru Islam. Ketua Panitia Resky ananda tasya salsabila menuturkan Pawai tersebut dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam.


“Jadi kegiatan ini merupakan Pawai Muharram untuk memperkenalkan tahun baru Islam. Jadi siswa itu long march keliling perumahan Bukit Baruga yang merupakan area sekolah,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan rangkaian kegiatan yang menjadi semarak pada kegiatan Muharram 1444 Hijriah ini. Sebelum melaksanakan Pawai, siswa dihimbau pada tiap kelas dan tingkatan untuk menggunakan seragam muslim.

“Pada Pawai itu Masing masing siswa setiap kelas menggunakan seragam yang menyurupai orang arab, mesir, turki dan lain lain. Selain itu tiap kelas wajib membuat yel yel,” tuturnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi secara terpisah, Wakil Kepala SMA Islam Athirah Bukit Baruga Bidang Kesiswaan Sabaruddin mengatakan bahwa, memperingati tahun baru islam mengajarkan banyak hal terutama terkait penanggalan yang berhubungan dengan syariat Islam.

“Tahun baru Islam terdapat pembelajaran karakter yang bisa didapatkan terkait rasa empati dan momen yang penting setiap tahunannya yang bisa kita tanamkan di sanubari siswa bahwa penanggalan yang harus kita ketahui bersama penanggalan islam sangat berkaitan syariat syariat lain seperti misalnya syariat puasa berdasarakan hijria dan zakat,” tutupnya.

Diketahui, pada kegiatan tersebut siswa juga mengikuti kajian bersama Ustad Fakhrurrazi Anshar. Di kajian itu siswa diberikan pemahaman hijrah agar dapat mengubah diri lebih baik dengan tiga kunci utama yakni berbakti kepada kedua orang tua, menjaga salat dan membaca Al Qur’an. (*)


Komentar