Ribuan Mantan Ketua RT/RW di Makassar Lakukan Aksi Unras, Ini Tuntutannya

TERASKATA.COM, MAKASSAR – Ribuan mantan Ketua RT/RW di Kota Makassar melakukan aksi unjuk rasa di depan Balai Kota Makassar, Senin (21/3/2022). Mereka melakukan aksi penolakan Penjabat (Pj) Ketua RT/RW yang terpilih saat ini.

Dalam orasinya, Koordinator Lapangan (Korlap) aksi, Jufri Bangunis mengatakan, dengan ditunjuknya Pj Ketua RT/RW mengakibatkan kegaduhan di masyarakat. Saling bermusuhan, perselisihan, dan putusnya silatuhrahmi antar tetangga.


“Kebijakan Wali Kota Makassar pada penetapan Pj RT/RW berdasarkan SK Wali Kota Makassar Nomor 1260/149.1.2/Tahun 2022 tentang penetapan Pejabat ketua Rukun Tetangga dan ketua Rukun Warga maka telah menimbulkan Kabtimas yang tidak kondusif di tengah lingkungan masyarakat,” ujar Jufri.

Pihaknya juga menuntut Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto untuk segera melakukan Pemilihan Umum (Pemilu) Raya Ketua RT/RW. Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi juga diminta untuk tidak berdiam diri melihat kegaduhan penunjukan Pj RT/RW.

“Ibu Fatma harus memberikan suara kalau 01 tidak bisa memberikan jawaban. Wawali harus memberikan masukan jika tidak maka kita anggap ibu wawali dianggap kerjasama untuk membuat kegaduhan atas Pj Ketua RT/RW,” ucapnya.

Terlebih dengan insentif RT/RW pada bulan Maret yang belum terbayarkan.

Mereka hanya digaji selama dua bulan yakni Januari-Februari. Sementara di bulan Maret belum terbayarkan. Padahal mereka masih dipekerjakan selama dua minggu.


Komentar