Peserta SPMH Angkatan VIII Dibekali Materi Strategi dan Metodologi Pembimbingan Manasik Haji

TERASKATA.COM, Makassar – Memasuki hari kedua Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji (SPMH) Angkatan VIII Mandiri 2023, para peserta diberikan materi Strategi dan Metodologi Pembimbingan Manasik Haji yang bertempat di Gedung Safha Asrama Haji Sudiang, Kota Makassar, Sabtu (30/09/2023).

Sebelum masuk ke materinya, Dr. H. Kaswad Sartono, M.Ag selaku pemateri memberikan games kecil kepada para peserta. Dalam games tersebut, para peserta diberikan sebuah pertanyaan dan harus di jawab secara singkat, padat, dan jelas.


Setelah para peserta menjawab, pemateri mengumpulkan dan membacakan satu-satu jawaban dari para peserta, lalu memberikan penjelasan terkait jawaban tersebut.

Dalam materinya, Kaswad menjelaskan terkait tujuan dari program sertifikasi pembimbing manasik haji. Dia mengemukakan bahwa untuk meningkatkan kualitas, kreativitas, profesionalitas, dan integritas pembimbing haji dan umroh.

“Memberikan pengakuan dan perlindungan atas profesionalitas pembimbing haji dan umroh,” jelasnya.

Tak hanya itu, dia juga menjelaskan terkait menstandarisasikan kompetensi pembimbing manasik haji dan umrah.

“Menjadi mediasi bagi Ditjen PHU dalam mewujudkan penjaminan mutu quality assurance bagi pembimbing manasik haji dan umrah,” tuturnya.


Komentar