oleh

Rayakan HUT ke-76, Kodam Hasanuddin Adakan Gerak Jalan Santai

TERASKATA.COM, Makassar – Dalam rangka memeriahkan Hari Bhayangkara ke-76 Tahun 2022, Kodam XIV/Hasanuddin menggelar Gerak Jalan Santai dengan mengusung tema Sinergitas dan Soliditas TNI Polri Bersama Rakyat, di seputaran Kota Makassar, pada Minggu (26/06/2022).

Gerak Jalan ini dilepas langsung oleh Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, S.H., M.H., bersama Kapolda Sulsel, Pangkoopsud II, Kabinda Sulsel, Kasdam, Danlantamal VI/Makassar, Walikota Makassar, unsur Forkopimda Provinsi Sulawesi Selatan, para Pimpinan Instansi, Pimpinan BUMN dan Para Pimpinan Perguruan Tinggi.


Ribuan peserta berasal dari Pemprov Sulsel, TNI, Polri, Pemkot Makassar dan Masyarakat umum dengan melalui rute : start depan Balai Prajurit M. Yusuf – Jl. R.A. Kartini – Belok Kiri Jl. Bonto Lempangan – Jl. Arif Rate – Belok Kiri Jl. H. Bau – Belok Kiri Jl. Jenderal Sudirman dan finish di lapangan Hasanuddin.

Turut hadir Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XIV/Hasanuddin, Ketua Bhayangkari Polda Sulsel, para Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, para Rekanan Pangdam XIV/Hasanuddin dan Kapolda Sulsel serta para Sponsorship serta unsur pejabat TNI Polri wilayah Makassar.

Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran Kodam XIV/Hasanuddin yang bersinergi dengan 3 Polda yaitu Polda Sulsel, Sulbar dan Sultra dengan melibatkan 29 Kodim dan Polresta setempat dengan jumlah peserta untuk tiap-tiap Kodim diperkirakan kurang lebih 750 orang dan khusus untuk Kodim 1408/Makassar diperkirakan 2.000 orang, sehingga jumlah peserta secara keseluruhan diperkirakan kurang lebih 27.000 orang.

Dalam sambutannya Pangdam menyebut bahwa dirinya menyambut baik kegiatan Gerak Jalan Santai yang diselenggarakan saat ini, karena memiliki manfaat ganda yaitu selain untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-76 Bhayangkara, juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan, mendukung kebugaran serta mempererat jalinan silaturahmi, baik diantara sesama prajurit TNI-Polri, Pemerintah Daerah dan masyarakat.

“Selain itu, kegiatan ini juga memberikan suasana hiburan, sehingga diharapkan dapat lebih mencerminkan kesatupaduan segenap anggota TNI-Polri, Pemda dan masyarakat dalam melangkah menatap masa depan yang lebih baik,” ungkapnya.

“Selaku Pangdam XIV/Hasanuddin saya mengharapkan kiranya kegiatan seperti ini terus ditumbuhkembangkan karena kita harus menyadari bahwa dalam mengatasi berbagai permasalahan, kita tidak mungkin bisa berjalan secara sendiri-sendiri, namun jika kita mampu bersatu dan saling bekerja sama dalam menyelesaikan masalah sekecil apapun, tentu hasilnya akan lebih baik dan memberikan manfaat yang lebih besar,” imbuhnya.

“Apabila kerja sama lintas sektoral dengan didukung mantapnya soliditas TNI-Polri dengan masyarakat tetap kita pelihara, maka hal tersebut tentu akan semakin memperkokoh tegaknya keutuhan bangsa dan negara,” Tambahnya.

Sementara itu, Kapolda Sulsel Irjen Pol Drs. Nana Sujana, M.M., menuturkan bahwa dalam rangka hari Bhayangkara Ke-76 pihaknya melaksanakan beberapa kegiatan inti yang pertama yang bersifat ceremonial bentuk upacara dan tradisi kemudian bakti sosial dan bakti reliji juga bantuan sosial kepada masyarakat serta kegiatan lomba ataupun pertandingan.

“Saat ini ini bersama-sama dengan Panglima mengadakan gerak jalan santai juga dalam memeriahkan HUT Bhayangkara. Pelaksanaan kegiatan hari ini merupakan hasil dari koordinasi kerjasama dengan Pangdam, kita meminta kepada Pangdam agar kegiatan gerak jalan santai ini dilaksanakan di lapangan Hasanuddin, jadi koordinasi dan kerja sama antar pejabat utama yang telah dirapatkan sehingga hari ini dapat dilaksanakan,” bebernya.

“Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Pangdam dan juga seluruh anggota Kodam khususnya pada panitia sehingga pelaksanaan gerak jalan santai dengan tema sinergitas dan soliditas TNI-Polri bersama masyarakat dan rekan Forkopimda hari ini dapat terlaksana dengan baik,” imbuhnya.

Ia pun berharap agar dengan adanya kegiatan ini mampu mengawal sinergitas antara TNI-Polri kemudian Pemda dan juga instalasi terkait lainnya.

“Kami berharap dengan melaksanakan pembangunan atau dalam rangka berbangsa dan bernegara tentunya dalam mengawal pelaksanaan pembangunan khususnya di Sulawesi Selatan kita memerlukan adanya sinergitas antara TNI-Polri kemudian Pemda dan juga instalasi terkait lainnya tujuan utama kita, kami yakin dengan kebersamaan kemudian sinergitas bahwa dengan permasalahan yang ada di Sulawesi Selatan dapat kita diskusikan dan kami yakin dapat diselesaikan bersama-sama,” harapnya.

Di sela acara dan di tempat finish para peserta dihibur oleh penampilan Marching Band SMP Panaikang Polda, penampilan Display Drumband dari SMP Panaikang serta pengundian doorprize.(*)


Komentar

News Feed